Sabtu, 24 Januari 2015

KOPI PAGI untuk Masyarakat


Written by: Rahmat J

“KOPI PAGI hmmm” ketika mendengar kata ini mungkin pembaca akan berpikir bahwa “KOPI PAGI” yang saya maksud di situ adalah sebuah tradisi masyarakat dimana hampir setiap orang diseluruh dunia memiliki kebiasaan meminum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas. Tujuannya agar mata mereka selalu melek atau tidak mengantuk ketika beraktivitas.

Eits...!!! bukan itu “KOPI PAGI” yang ingin saya bahas di sini bukanlah mengenai itu. So what? Well let check this out.


KOPI PAGI adalah sebuah singkatan dari Komunitas Pemuda Peduli Pangan yang dibentuk oleh 8 orang pemuda dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda yang didirikan pada tanggal 17 januari 2015 dan berlokasi disekitaran Tamalanrea, Makassar.



Ketua terpilih pada periode 2015-2016 yang sekaligus sebagai ketua pertama pada komunitas ini adalah Andi Imam Arundhana.

Komunitas ini bisa dikatakan sebagai komunitas yang pertamakali ada di Sulawesi selatan yang konsren terhadap pangan dan gizi. Dan sangat terbuka untuk melibatkan pemuda yang memilki kepedulian yang sama terhadap isu ini.

Komunitas ini dibentuk berangkat dari kesadaran pemuda-pemuda Sulawesi yang peduli terhadap ketahanan pangan dan gizi di Indonesia khususnya Wilayah Provinsi Sulawesi selatan.

Komunitas ini bertujuan untuk mengangkat derajat kesehatan masyarakat dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pemilihan sumber pangan yang baik dan bergizi, membuat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pangan dan gizi seperti kampanye gizi, sosialisasi kesehatan dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Komunitas ini juga berfungsi sebagai alat advokasi masyarakat yang siap menjadi perantara masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat dalam hal pangan dan gizi serta berfungsi menjadi sumber informasi terkait mengenai pangan dan gizi yang bersumber dari pemerintah. Selain itu komunitas ini juga telah menjadi bentuk pengabdian terhadap bangsa dalam rangka mensejahterahkan dan menyehatkan masyarakat.
Diharapkan melalui komunitas ini pemuda yang lain juga dapat terlibat dan lebih meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap masyarakat. Serta harapan yang besar kepada masyarakat itu sendiri, agar mereka lebih paham dan peduli terhadap sumber pangan yang sehat dan bergizi.

Selamat Hari Gizi Nasional 2015

#HGN #PANGAN #GIZI #KOPI_PAGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar