Minggu, 25 Januari 2015

Berat Badan Kurang

Written by: Nurmina H

Bertubuh kurus atau yang sering dikenal dengan istilah gizi Kekurangan Energi Protein (KEP) pada tahap awal kadang membuat sebagian orang merasa risih, kurang puas dengan bentuk tubuhnya. Melakukan berbagai macam diet dengan tujuan bisa menaikkan berat badan. Apakah anda termasuk didalamnya?
Ada beberapa faktor yang menjadikan anda sulit menaikkan berat badan, minimal sampai anda mencapai berat badan normal, lebih baik lagi bila mencapai berat badan ideal sesuai tinggi badan dan mempertahankannya. Berikut faktornya:
1.      Asupan tidak Sesuai Kebutuhan
Aktifitas yang padat setiap hari, ditambah banyaknya tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan kantor menunggu segera diselesaikan. Menjadikan tubuh tidak lagi memenuhi haknya secara tepat. Asupan makanan sekadarnya atau menunda makan sampai tugas-tugas tersebut selesai. Membiarkan saja perut dengan rasa lapar yang memburu. Terjadi selama berbulan-bulan bahkan menahun.
2.      Sering Menunda Waktu Makan
Setelah sempat disinggung pada poin pertama. Menunda waktu makan yang telah menjadi kebiasaan tentu bukan hal yang tepat. Karena saat tubuh sudah memberikan sinyal-sinyal untuk segera diisi, sebenarnya tubuh membutuhkan asupan segera. Bila tidak dipenuhi tentu kebutuhan itu akan diambil melalui cadangan makanan, berupa gula yang terletak di otot dan hati. Cadangan yang sedikit tersebut.
3.      Penyerapan Kurang
Salah satu faktor yang cukup berperan pada orang kurus adalah kemampuan penyerapan zat gizi pada usus yang kurang maksimal. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari berat lahir rendah, pemenuhan kebutuhan pada masa-masa emas 1000 Hari Pertama Kehidupan tidak terpenuhi. Sehingga berdampak pada organ yang perkembangan fungsinya tidak maksimal. Akibatnya usus tidak mampu menyerap zat gizi dengan baik, berdampak pula pada pengeluaran yang lebih sering.
4.      Makanan tidak Bervariasi
Tidak ada satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi lengkap, inilah mengapa perlu mengombinasikan konsumsi makanan setiap hari. Tidak melulu itu-itu saja. Agar kebutuhan tubuh terhadap makanan terpenuhi. Serta menghindari berlebihnya asupan pada satu bahan makanan sdan kekurangan asupan pada bahan makanan lain.
5.      Rendahnya Minat Terhadap Makanan
Kebanyakan orang bertubuh kurus memiliki ketertarikan yang rendah terhadap makanan. Tidak begitu menanti-nantikan waktu makan atau makanan tertentu.

Itulah lima faktor penyebab seseorang bertubuh kurus, tapi bukan berarti anda tidak bisa memiliki postur tubuh proporsional. Mulailah dengan mengatur jadwal makan anda secara konsisten, pilih makanan yang berkualitas baik seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, tanpa melupakan vitamin dan mineral. Bagi yang sering mengonsumsi soft drink atau junk food atau suplemen yang menjanjikan kenaikan berat badan anda secara cepat, anda perlu memikirkan kesehatan tubuh anda beberapa tahun mendatang.
Saran saya beralihlah ke menu makanan yang lebih variatif warna, bahan, dan nilai gizinya. Untuk masa-masa awal peningkatan berat badan anda, minum susu secara rutin juga bisa menjadi pilihan. Namun bukan sembarang susu, pilih susu bubuk full cream hindari susu kental manis karena kandungan gulanya lebih tinggi dibanding susunya.
Untuk memiliki bentuk tubuh ideal juga butuh waktu, berat badan anda naik secara teratur setidaknya 1 Kg/ 2 pekan. Apakah itu waktu yang lama? Masih lebih lama usia anda dengan bentuk tubuh yang sekarang bukan. Kalau ingin serius ingin menaikkan berat badan dengan tujuan penampilan, kesehatan, keberlangsungan generasi terbaik, atau percaya diri. Kuatkan tekad dan lebih bersemangatlah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar